Kijang Indonesia

Posted by X4BROTHER Friday, July 20, 2012 0 comments

Kijang Indonesia Generasi I (1 Januari 1977-23 Agustus 1981)

Kijang Indonesia


Kijang Indonesia - merupakan jenis kendaraan yang banyak digemari di semua kalangan.jenis mobil Kijang Indonesia ini memang sangat elegan terutama bagi mereka yang mengidamkan mobil keluarga yang berkapasitas besar namun harganya juga merakyat. Dari berbagai wilayah kita sering menjumpai jenis mobil ini.

Mobil ini dalam segi kenyamanan tidak usah diragukan lagi terbukti banyak kalangan yang menyukai maupun memiliki mobil jenis ini. Dengan kapasitas penumpang yang banyak membuat banyak keluarga memimpikan kenyamanan berkendara bersama mobil ini.Kesuksesan produsen memproduksi mobil jenis ini membuat para jajaran perusahaan mobil ingin menirunya baik dalam segi jenis kendaraan,kapasitas maupun kenyamanannya.

Toyota Kijang hadir di Indonesia pada tahun 1977 walaupun pada saat itu sempat muncul keraguan oleh arsitekurnya atau perancangnya yang mana keraguan itu muncul apakah nanti bisa diterima dan laris manis diminati. Namun dengan tekad yang bulat alhasil nongol juga jenis mobil ini. Generasi pertama mobil ini bermotif kotak mendasar dan dijuluki "Kijang Buaya" karena jenis ini pada waktu Cup mesin dibuka sampe menyamping.hahaha..ana-ana bae wong pada ngomong kaya kue, maklum saya orang keturunan ngapak jadi  wajar lah kalau sedikit ngapak.

Generasi ini di produksi sampai kisaran tahun 1980 an. Baru setelah itu muncul lah generasi ke dua.Pada generasi pertama peluncuran jenis ini hanya berjumlah 1.168 unit saja. Yang mana tahun berikutnya yaitu pada tahun 1978 jumlah kendaraan yang diproduksi mengalami peningakatan yaitu sampai 4.624 hal ini merupakan jawaban dari keraguan perancang pada waktu itu. Alhasil mobil jenis ini laku dan laris manis dipasaran. Dan peningkatannyapun makin tinggi dari tahun ketahun.

Mobil jenis ini nongol sebagai kendaraan dengan konsep Basic Utility Vehicle kalau orang ngapak ngomongnya kendaraan sing nganggo konsep akeh gunane sing gampang di openi atau dengan kata lain kendaraan  dengan konsep serbaguna dan mudah dirawat. Seiring dengan berjalannya peraturan pemerintah negara kita untuk menerapkan sebuah konsep pembangunan ekonomi yang melalu pengembangan motorisasi dan otomotif di Indonesia khususnya melalui konsep kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna atau disingkat dengan KBNS.

Kijang Indonesia Generasi II (23 Agustus 1981-31 Desember 1985)


Kijang Indonesia
Generasi ke dua mobil ini dijual kepasaran pada bulan September 1981.  Yang mana bentuk model dari kendaraan ini tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, tapi pada generasi ini memiliki beberapa perubahan yang mana peningkatan itu terletak pada kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc mengalami peningkatan naik 100 cc.Tidak hanya segitu kapasitas silinder ini di naikan lagi hingga 1500 cc.



Kijang Indonesia Generasi III (31 Desember 1985-1 April 1997)


Kijang Indonesia
Generasi ketiga Kijang Indonesia tepatnya pada tahun 1986. Mobil ini sudah mengalami perubahan pada bentuk mobilnya yang mana pada generasi ke tiga bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga sepintas terlihat modern. model atau jenis ini meski sudah tidak lagi di peroduksi namun mata masih sering kali melihat mobil ini berjalan bahkan masih ada yang bagus dan mulus. Pada generasi ini, konsep yang awalnya sebagai kendaraan angkut perlahan mulai bermetamorfosis menjadi kendaraan penumpang. Di masa ini bisa dikatakan sebagai puncak kejayaan Kijang Indonesia sebagai mobil dengan konsep kendaraan penumpang.

Generasi IV Kijang Indonesia (1 April 1997-16 Februari 2005)


Kijang Indonesia
Toyota Kijang ternyata sudah sepuluh tahun dengan desain generasi ketiga. Toyota Kijang akhirnya meluncurkan model barunya yang mana terdapat perubahan pada eksterior dan interior yang mana lebih aerodinamis.Model yang ini disebut sebagai "Kijang Kapsul".hahaa..ana-ana bae sebutan buat Mobil ini. Generasi ini di dominasi oleh Jepang semakin besar. Sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri, sedang pada generasi keempat ini sudah dibilang menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desain membulat layaknya kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi batu loncatan desain pada masanya. Pada generasi ini Toyota mengeluarkan dua tipe varian mesin yang mana  Mesin bensin yaitu 1.700 cc (tipe 7K) dan mesin 2.500 cc (tipe 2L) yang membuat persaingan dengan mobil Izuzu Panter untuk jenis mobil keluarga.

Dan sampai pada masanya Toyota menyediakan mesin bensin dengan sistem injeksi elektrik, Elektronik Full Injesi (EFI). Pada mesin EFI ada dua pilihan yaitu 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc yang bertenaga 80 hp dan 1RZ-E yang berkapasitas 2.000 cc diambil dari Toyota hilux. Mesin 1RZ-E lebih canggih secara teknologi dibandingkan dengan yang 7K-E namun 1RZ-E kurang begitu laku di pasar Indonesi alasannya simpel yaitu karena terlalu boros, hehehe. Dan pada generasi keempat ini juga muncul New Kijang dengan ubahan desain lampu dan seatbelt alias sabuk pengaman sob.Dan pada jok bagian tengah, untuk lebihnya sih sama dengan generasi sebelumya.

Selain terdapat varian atau tipe SX,SSX,SGX,LX,LSX dan pic up, juga ada Krista dan Rangga serta tipe karoseri Rover dan Jantan Raider juga diproduksi meskipun hanya beberapa unit.

Generasi V Kijang Indonesia (16 Februari 2005-saat ini)
Kijang Indonesia

Generasi kelima ini Toyota kembali memperbaharui di tahun 2005 dipasarkan dengan nama "Kijang Innova". Pembaharuan ini telah mengalami perubahan cukup drastis dibandingkan dengan model generasi-generasi sebelumnya. Jika generasi pertama berkonsepkan  Basic Utility Vehicles atau disebut kendaraan kelas bawah, maka pada generasi ini lebih dikatagorikan sebagai kendaraan kelas menengah, luar biasa bukan?

Dan sampai sekarang kendaraan yang di namakan Kijang Innova sangat laris manis di pasaran dan banyak orang yang mengidamkan serta menikmati kendaraan ini. Ok! artikel tentang Kijang Indonesia cukup sampai disini dulu sob, semoga bermanfaat untuk kita semua.


0 comments:

Post a Comment